Polres Metro Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila



Polres Metro Polda Lampung. Bertempat di lapangan apel Polres Metro Polda Lampung, seluruh personil melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Sabtu (1/6/2024)

 

Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Polda Lampung AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK.

 

Adapun tema dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2024 yakni "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045"

 

Hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut Wakapolres Metro Kompol Sigiet Aji Vambayun S.H, S.IK beserta, Pejabat utama Polres Metro, personil bintara serta ASN Polri Polres Metro.

 

Kapolres Metro dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia dan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.  sehingga di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat  bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing  jalan bagi masyarakat Republik Indonesia.

 

Setelah pelaksanaan upacara hari lahir Pancasila, Kapolres Metro mengatakan bahwa pelaksanaan upacara setiap tahun di gelar untuk memperingati nilai –nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sekaligus dasar negara yang diterangkan dalam Pembukaan UUD 1945.

 

Lebih lanjut, momen peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini pun diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. “Indonesia untuk kita semua, dan Pancasila adalah rumah kita,” ucapnya.

 

“sebagai anggota Polri kita harus menghayati Pancasila serta mendegungkan kepada masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat.” tutup Kapolres

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalam Waktu 24 Jam Sat Resnarkoba Polres Metro Tangkap 4 Remaja Pengguna Narkoba

Miliki Sinte, 4 Remaja Di Amankan Ke Polres Metro

Polres Metro Kembali Amankan Dua Pelaku Penyalahguna Narkoba Jenis Sabu