Jelang Pemilu 2024, Polres Metro Gencar Sosialisasi Antisipasi Hoaks






Polres Metro Polda Lampung, Dalam menjaga  ketertiban jelang Pemilu 2024 mendatang, Polres Metro mengajak masyarakat untuk bersikap bijak dalam menggunakan media sosial serta tidak mudah untuk terprovokasi oleh berita yang belum tentu kebenarannya (hoaks), Jumat 3/11/2023 .

 

Salah satu upaya antisipasi penyebaran hoaks atau kabar bohong menjelang Pemilu 2024 tersebut adalah dilakukannya melalui imbauan secara langsung di sela-sela personil sedang melakukan patroli rutin  maupun melalui ajakan yang disebar di media sosial.

 

Menurut Kasat Samapta Polres Metro IPTU A. Rachman, Selain melaksanakan patroli rutin, personilnya juga mengingatkan kepada masyarakat dengan menggunakan media sosial untuk bisa bijak. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

"Upaya-upaya sosialisasi dan edukasi terus kita lakukan kepada masyarakat untuk mengantisipasi berita hoaks di masyarakat," katanya.

 

Di temp;at terpisah Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK menjelaskan bahwa perkembangan teknologi, terutama dalam bidang kecerdasan buatan, telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Namun, teknologi  yang semakin canggih juga berpotensi dimanfaatkan secara negatif, terutama dalam menciptakan konten hoaks, disinformasi, dan penipuan yang dapat merusak stabilitas sosial serta proses demokrasi.

 

“Kami sangat menganjurkan agar masyarakat tidak menelan mentah-mentah informasi yang ditemui di dunia maya, terutama jika kontennya tampak mencurigakan,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, Kapolres mengajak masyarakat untuk bersama-sama menangkal issue hoaks dan pemberitaan yang belum tentu benar.

 

"Masyarakat diimbau untuk waspada hoaks karena dapat mengakibatkan perpecahan bahkan konflik sosial di tengah masyarakat dalam gelombang Pemilu 2024," tegasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalam Waktu 24 Jam Sat Resnarkoba Polres Metro Tangkap 4 Remaja Pengguna Narkoba

Miliki Sinte, 4 Remaja Di Amankan Ke Polres Metro

Polres Metro Kembali Amankan Dua Pelaku Penyalahguna Narkoba Jenis Sabu