Polres Metro Pastikan Keamanan Perayaan Waisak


Polres Metro Polda Lampung, Personil Polres Metro melaksanakan pengamanan kegiatan Ibadah Hari Raya Waisak 2568 BE tahun 2024, Pelaksanaan Ibadah umat Budha tersebut dilaksanakan di Vihara Budha Dharma Dhipa Kota Metro, Kamis(23/05/2024).

 

Adapun perayaan Waisak merupakan peringatan terhadap tiga peristiwa Penting yang dinamakan dengan Trisuci Waisak oleh umat Budha diyaitu :

 

1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.;

2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.;

3. Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

 

Yang dilakukan dengan Penyalaan lilin panca warna dan Dupa (GITA PENDUPAAN);

Ø  Blessing puja pelita, pradaksina, dan Yi Fo;

Ø  Pembacaan kita suci Dharma dhipa;

Ø  Puja dan Gita waisak.

 

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK mengatakan pengamanan yang dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat Buddha yang melaksanakan ibadah pada perayaan Waisak Tahun 2024.

 


Personil yang melakukan pengamanan datang lebih awal yang terlebih dahulu melakukan sterilisasi dengan memeriksa di sekitar Vihara, kemudian pengamanan dilakukan saat umat Budha melakukan Ibadah hingga selesai Ibadah, Bahkan personil Lalulintas juga diturunkan untuk melakukan pengaturan lalulintas.

 

“Polri hadir ditengah masyarakat untuk memberikan perlindungan kepada umat beragama yang melaksanakan Ibadah karena salah satu tugas Polri adalah sebagai Pelindung masyarakat dalam situasi apapun, termasuk dalam melaksanakan ibadah”Tutupnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalam Waktu 24 Jam Sat Resnarkoba Polres Metro Tangkap 4 Remaja Pengguna Narkoba

Miliki Sinte, 4 Remaja Di Amankan Ke Polres Metro

Polres Metro Kembali Amankan Dua Pelaku Penyalahguna Narkoba Jenis Sabu